Rabu, 06 Juni 2012

'Spanyol Kini Lebih Lemah'






London - Manajer Arsenal Arsene Wenger menilai skuad Spanyol saat ini tidaklah sekuat saat tampil menjadi juara Eropa empat tahun lalu. Namun demikian, Spanyol tetap dianggap sebagai favorit juara.

Penilaian itu didasarkan pada absennya dua pemain penting La Roja yaitu pemain belakang Carles Puyol dan striker David Villa.

Kapten Barcelona itu terpaksa melewatkan Euro karena menjalani operasi lutut sedangkan Villa gagal pulih tepat waktu akibat cedera patah kaki yang dideritanya sejak akhir tahun lalu.

Untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Villa, Spanyol memanggil Fernando Torres. Namun, Torres sendiri masih kesulitan dalam menemukan performa terbaiknya sejak hijrah dari Liverpool ke Chelsea.

"Mereka kini lebih lemah (daripada empat tahun lalu)," ucap peracik taktik asal Prancis itu kepada Arsenal Player. "Saya yakin bahwa dibandingkan dengan empat tahun lalu dan dua tahun lalu (Piala Dunia), mereka kini tak diperkuat Carles Puyol.

"Ingatlah Piala Dunia, dia mungkin bukan pemain yang paling menyolok tapi dia menciptakan gol di semifinal yang meloloskan mareka. Dia benar-benar memberikan Anda aspek mematikan kepada tim."

"Kemudian mereka kini lebih lemah karena tidak ada David Villa, yang selalu menjadi pencetak gol yang penting. Fernando Torres kurang kepercayaan diri karena di Chelsea dia tidak tampil sebanyak saat di Liverpool, di mana dia menjadi kekuatan yang hebat."

"Jadi di dua area paling penting itu mereka tidak terlihat kuat. Di tengah mereka masih jadi yang paling hebat sejauh ini. Tapi Puyol dan fakta di lini depannya bisa menimbulkan kerugian buat mereka. Tapi mereka masih favorit. Mereka punya sesuatu yang hilang - mereka punya campuran yang sempurna. Keseimbangan yang ada tidak sebaik sebelumnya," demikian Wenger.

Spanyol tergabung di Grup C bersama Italia, Kroasia dan Republik Irlandia. Di laga pertama mereka akan berhadapan dengan Gli Azzurri, 10 Juni.

Okdwitya Karina Sari - detikSport
FOTO:(Getty Images)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar